Skip navigation

Dalam mendefinisikan segala sesuatu permasalahan, seringkali kita bertindak dengan terburu-buru. Buah  dari pendefinisian berupa pemikiran-pemikiran yang dibilang sebagai “kecerdasan-ku” itu ternyata juga terburu-buru. Terburu-buru untuk dituangkan, diungkapkan dan disusun sebagai bahan pembicaraan atau tulisan, yang tanpa disadari sebenarnya semata-mata agar rasa kepuasan diri bisa terpenuhi.

Pendefinisian dengan secara terburu-buru tersebut kalau kita sadari adalah merupakan salah satu rangkaian pemicu yang dapat mengarahkan terjadinya debat-debat kusir, dan dalam hal ini pembicaraan ini kita tujukan kepada diri kita sebagai sang Blogger/WordPresser. (weeeeh … ).

Sekarang mari kita sama-sama mengkaji sedikit mengapa bisa begitu,  ok ? … ( kayak presentasi ae🙂 ). Definisi dapat berarti “batasan”, kalau kita mengkaji sesuatu masalah dengan batasan yang sempit  maka memungkinan dapat terjadinya debat sengit dan sangat signifikan. Karena definisi bermakna memberikan batasan sebagai kesimpulan atas sesuatu, guna memperoleh gambaran/pengertian bukan begitu ?

Dengan demikian tidaklah berlebihan bila kita harus selalu ; sabar dalam berpikir, sabar dalam memahami, sabar dalam berbicara, sabar dalam tindakan dstnya. Insya Allah jika hal ini kita latih terus menerus dalam diri, maka lambat laun akan timbul rasa saling pengertian,  kebersamaan dan menghargai satu dengan yang lainnya.

Bagaimana ? …. apakah ini salah satu bagian dari kesabaran itu ? … mohon pencerahannya.

12 Comments

  1. Salam Kenal
    Blognya bagus dan kritis, mudah2an menjadi media bukan hanya PENGETAHUAN SPIRITUAL (beragama Islam), tetapi menjadi PENCAPAIAN SPIRITUAL (menjadi Islam).

    SABAR memiliki rangkaian erat dengan kata IKHLAS. Dalam Istilah KeJawen Kesabaran dan keikhlasan diibaratkan dengan ORA DUWE, RASA DUWE; tidak punya rasa punya. artinya; penyandaran diri kepada Zat Yg Mahakuasa secara total, yang melenyapkan setan dari dalam kalbu (segala nafsu angkara) ; lauwamah, amarah, supiyah.
    Berangkat ari kesadaran mikrokosmos danmakrokosmos itulah, (dalam kejawen) seseorang mencapai kemuliaan hidup apabila sudah tidak menghitung2 pahala, mengharap-harap surga, dalam perbuatan akhlak mulia, dan beribadah habluminannas-habluminallah.
    Disadari bahwa Manusia adanya selalu berhutang anugrah dan nikmat kepada Zatullah. tak pantas lagi meminta-minta apalagi mengharapkan imbalan pahala-surga. itulh konsep KEARIFAN LOKAL dalam pencapaian spiritual.
    Manunggaling kawula gusti; aku adalah Tuhan, Tuhan adalah aku, dipahami bukan dalam kesejajaran; melainkan tetap paham bahwa aku tetap sebagai makhluk; sedangkan Tuhan tetap sebagai pencipta. manusia dan seluruh mahluk ciptaan Tuhan, umpama bayangan rembulan di dalam ember berisi air. sekalipun rembulan itu tetap satu, tetapi bayangannya pasti terdapat di dalam puluhan, ratusan bahkan jutaan ember berisi air.
    pada tataran ruhullah, sirullah, nurullah, maka hakikat Tuhan ada di dalam manusia. tetapi pada aras Kayun, dan Dzatullah, manusia adalah ciptaanNya.

    Rahayu
    http://sadalangit.wordpress.com
    __________

    terima kasih banyak atas wejangannya … demikian bermakna ungkapan2 di atas, dan memahami sufi adalah forum 1 untuk semua:mrgreen: (iklan tv ae ..)

  2. rahayu…
    sabar itu sifat bumi…
    bumi yang dibajak, dibori, digali, ditanami, dibanjiri…
    tetap sabar selalu….
    orang sabar itu tidak terbatas, yang terbatas karena enggak muat lagi kekuatan diluar batas karena pengeboran lumpur lapindo….. fa inama maasobirin, sesungguhnya orang yang utama itu adalah orang yang sabar…
    “,orang yang kaya begitu hebat beramal dengan kekayaan nya, orang yang miskin begitu hebat karena kesabaraannya…”,
    maaf ndakwah lagi:mrgreen:
    wass wb

    ___________
    pas betul ilustrasinya mas, kapan kita bisa sesabar bumi ya mas … kebanyakan kita ciptakan tsunami mulu ya ..:mrgreen:

  3. aargh, tidak bisa sabar..!!
    dalam waktu yang terbatas harus bisa membuat orang mengerti…
    sekalian mencari kepuasan dari rasa paling benar sendiri..

    padahal..

    hehe.. ajarkan saya kesabaran, Pak Guru.

    Terimakasih untuk posting yang mencerahkan.

    ____________
    ah … bisa saja, saya cukup yakin mbh Guh pasti simbahnya sabar (paling sabar)🙂 makasih mas guh kunjungannya.

  4. mm…. bukankah dunia ini memang penuh dengan segala hal-hal yang [prematur] untuk diucapkan dan diperbuat? Jika pun ketergesaan ini dianggap sebagai ke-tidak-patutan, maka ada satu kartu As; revisi ulang. Ini kelebihan kita untuk kembali mendekonstruksi, lalu merekonstruksi ulang apa-apa yang dianggap cacat/belum sempurna buah ketergesaan, terburu-buru, dan tidak sabar itu.

    Bagaimanapun, saya ucapkan selamat datang di dunia blogsfer ini dan, salam kenal…

    Salam,
    _______________
    wah … saya hampir lupa ada kartu AS ya, tapi kalo adanya kartu XL ga pa2 kan ?:mrgreen:
    saya setuju saja n mungkin “revisi ulang” itu bisa diartikan melihat dan belajar dari pengalaman2 yg sudah ada. thx banyak kedatangan bang frozen

  5. uhmm…kesabaran sangat penting dalam menghadapi hidup ini pak. Terima kasih kunjungannya ke blog saya🙂

  6. rahayu….
    kesabaran itu sebenarnya kemampuan yang sangat tinggi dari seseorang misalnya jika ingin ngomong dengan orang yang tidak punya sopan ditempat kerja , meski berbuat senyum dan diam saja , siapapun orang bisa memukul orang lain dengan nyata ataupun dengan hatinya , tetapi diantara yang hebat adalah memukul dirinya sendiri / menahan dirinya agar tidak memukul orang saat sedang marah……:mrgreen:
    wass wb
    _____________
    tapi yang jelas sabar yang benar, kalau tiba-tiba hp qt di copet diem aja …. wah itu namanya sabar once .. (oon cekaleee) :mrgreen:
    oh iya, btw … url mas hidayat seharusnya udah diganti jadi http://budayajawa.wordpress.com bukan lagi http://putune.blogspot.com …. kan ? atau mungkin 2 (dua) ? .. biar dapet warisan doble kale ya 😀

  7. Nderek ngangsung kawruh
    wassalam
    Rahayu
    _____________

    mas pakai ilmu padi, mkin mrunduk mkin berisi. skrng seliternya 4.500an ya mas ?:mrgreen:

    slm kenal mas, slm sama si siti jenang, g prnah mampir, jgn2 pnya ilmu padi juga😀

  8. salam kenal sedalam2nya…dari hati..ke hati…sedalam cinta-Nya….
    ____________
    salam kenal juga bang vickyry

  9. Kesabaran melahirkan keikhlasan
    Keikhlasaan mejelma menjadi ketulusan hati..sebagai insan-Nya
    ________
    aplikasinya adalah terus dan terus memberi, yg pada akhirnya qt terbiasa … tdk berharap apa2 … seperti qt membuang hajat … itu bagian dari tanda2 menjadi ikhlas.

    • ekapratiwi
    • Posted 28 Januari 2009 at 8:47 am
    • Permalink

    SABAR ADA LEVELNYA
    seperti orang sekolah ada tingkatannya. semoga naik kelas.

    • Ants_Selatan
    • Posted 2 Februari 2009 at 4:02 pm
    • Permalink

    Sering kita dengar orang berkata bahwa sabar ada batasnya. Apakah memang seperti itu ? Ataukah sabar itu tidak ada batasnya ?
    Seseorang yang sudah menikah tentunya diharapkan harus lebih sabar dibandingkan waktu masih lajang.
    Seseorang yang sudah cukup umur diharapkan pula harus lebih sabar di bandingkan pada masa mudanya. Bagaimana kalau tingkat kesabaran tidak meningkat ?
    Matur nuwun , mohon maaf kalau salah.
    Salam kenal
    ______________
    kesabaran tidak meningkat ? .. ehm …. sy tidak ingin mendahului menilai …. barangkali kesemuanya adalah proses. tidak beda qt waktu kecil dulu … meskipun harus di titah sampai lama2 akhirnya jalan juga.

    salam kenal juga bang ivan.

  10. Bagi saya hidup adlh belajar segala sesuatu perlu dipelajari yg penting sesuatu yg baik taada yg tak mungkin selama kita ber usaha ,, dan sllu mengharap rido nxa allah,, apa lg belajar sabr itu adalh sft nabi muhamad yg hrus kita ikuti,, maaf saya jg sedang belajar hehehehe waslm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: